Langsung ke konten utama

Indonesian Idol 2014: Benarkah Muhammad Devirzha berasal dari Aceh?

Ketenaran cowok berumur 24 tahun ini di Indonesian Idol 2014 memang mendadak melejit, Virzha (freelancers menurut Wikipedia) begitulah nama akrab vokalis dari band Beautiful Monday asal Medan tersebut.

Dalam sejumlah berita di berbagai media, status di jejaring sosial bahkan komentar dari dewan juri Indonesia Idol, Virzha sering sekali disebut-sebut kontestan asal Aceh, lalu benarkah demikian?

Penelusuran investagi pun berlanjut (serasa acara di TV). Bernama lengkap Muhammad Virzha dan berjenis kelamin laki-laki, kini namanya pun tambah bervariasi menjadi Di Muhammad Devirzha atau ada juga yang menulis Muhammad Devirzha.

Penambahan kata Di sebelum nama Muhammad ini sebenarnya menarik, karena hampir dari sebagian fans Virzha pun banyak yang tidak tahu pasti kalau rocker yang berambut gondrong apa betul dari Aceh, Aceh mana? atau mungkin dari Gampong apa. Di Twitter pun lewat akun 'seragam' ketentuan Indonesian Idol, @VirzhaIDOL8 (joined on Twitter 15th Sep 2009) jarang mengkonfirmasi soal asal usulnya ini.

Saat awal-awal sebelum ada akun 'seragam' Idol 8, cowok yang pernah membawakan lagu "Wild World" ini pernah menciak (tweet) di akun @Virzha, namun akun (joined on Twitter 24th Jan 2014) ini terasa sepi seperti rumah kosong, tanpa tweet, 0 friend, dan 77 followers. Begitu juga dengan akun @Devirzha (joined on Twitter 12th Dec 2012) juga tidak begitu aktif lagi karena bisa jadi panitia Idol meminta fokus ke akun seragam kontestan atau jangan-jangan dua terakhir ini akun palsu, ah tidak (mendadak idologi cek-cek akun dek Virzha).
Bagaimana sudah ketebak dari mana asal Virzha yang ikut audisi di Medan ini? jika media menyebutkan asalnya Banda Aceh (Banda Aceh itu lumayan besarlah), mau tahu gampong apa? Coba lihat nama Di di atas, mungkin bisa saja berasal dari gampong Di Meuraxa, Di Meurduati, Di Beurawe, atau di tempat lain. :D

Kata orang yang gaul di sosial media sekarang, itu namanya kepo (meupep-pep) mau tahu saja.

Virzha Vokalis Band Beautiful Monday

Band Beautiful Monday diprakarsai oleh Gibran Mahdi (Guitarist) pada akhir tahun 2003 di komunitas Indie Medan yang bernama Kirana Community. Kirana Community ini adalah studio musik dan tempat berkumpulnya musisi-musisi indie yang ada di Medan. Awalnya band ini terbentuk dari jamming session di studio musik Kirana. Karena mempunyai selera musik yang sama dan mempunyai kesamaan visi dan misi, akhirnya para personil ini pun setuju untuk membentuk sebuah band yang bernama Beautiful Monday.

Nama Beautiful Monday sendiri memiliki sebuah arti yaitu Senin Yang Indah. Karena menurut mereka filosofi mengenai hari senin itu sangat membosankan dan tidak harus dibesar-besarkan, selama orang-orang yang merasa bosan dengan hari senin mau mendengarkan lagu-lagu dari Beautiful Monday, maka senin mereka akan terasa lebih indah dan menyenangkan. Personil dari band ini pun telah mengalami perubahan, proses perubahan ini demi mencari dan menemukan prinsip yang lebih baik dalam bermusik. Semua dari personil ini pun mempunyai kecintaaan yang sama pada band legendaris asal Inggris yaitu "The Beatles" dan sering mengcover lagu-lagu The Beatles dalam setiap performanya di setiap acara ayng di ikuti.

Bibir Tipis Merah Jambu adalah salah satu single yang membuat band ini menjadi wakil dari kota Medan untuk “ngejam” bersama Naif di salah satu Broadcast event yang di siarin oleh stasiun TV swasta Nasional (Global TV). Dan single ini juga yang membuat band ini lolos dari seleksi demo dan berhasil mendapatkan juara pertama dari seleksi kota medan. Kemudian band ini juga lolos di tahap seleksi sebagai juara 1 regional Sumatera Utara dan Nanggroe Aceh Darussalam di acara A Mild Live Wanted pada tahun 2007. Tidak hanya sampai di situ saja, band ini akan bersaing dengan juara-juara perwakilan regional dari seluruh Indonesia. Karena setiap wilayah hanya diambil satu band dan setiap wakil dari wilayah yang mendapatkan juara 1, akan di seleksi di Jakarta untuk mendapatkan juara 1 tingkat Nasional.

Selain uang tunai, sebuah kontrak ekslusif satu album akan di berikan kepada yang mendapatkan juara 1. Dan karya finalis akan di gabungkan dalam album kompilasi yang di produksi oleh Musica Studio. Pemenang dari tiap wilayah akan diikut sertakan dalam rangkaian tour yang bertajuk A Mild Live Rising Star, Tour 37 kota dengan 3 band yang saat ini sedang naik daun di Indonesia yaitu, Samsons, Naff, dan Ungu. Ditahap Nasional, Beautiful Monday berhasil mendapatkan Juara 2 tingkat Nasional A Mild Live Wanted 2007 dan setelah D’masiv yang berhasil mendapatkan juara 1 Tingkat Nasional pada singlenya yang berjudul Tak Bisa Hidup . Namun band Beautiful Monday berhak mendapatkan sebuah kotrak rekaman di album kompilasi. Dari event A Mild Live Wanted inilah mereka semakin semangat untuk mewujudkan mimpi dengan bermusik kearah yang lebih serius.

Tahun 2008, keluarnya seorang vokalis Beautiful Monday yang bernama Aan sangat mengejutkan band ini. Karena band ini sedang mempersiapkan meteri album yang akan masuk ke perusahaan rekaman, tetapi gagal karena kepergian sang vokalis. Akhirnya band ini sepakat untuk membatalkan meteri album yang sedang di persiapkan dan balik ke Medan untuk mencari penggantinya. Namun kejadian ini tidak membuat band ini putus asa, mereka tetap berusaha untuk mencapai cita-cita dan mimpi mereka.

Pada periode 2009-2010, vokalis band ini terus berganti-ganti, hingga pada tahun 2010, band ini menemukan vokalis barunya yang bernama Muhammad Virzha dan melakukan Take Vocal di dua lagu milik Beautiful Monday. Kemudian hasil dari Take Vocal dikirimkan kepada seorang yang bernama Carry Nadeak (Manager Beautiful Monday) yang bertempat tinggal di Jakarta dan band ini sedang mempersiapkan materi album guna untuk membuat sebuah paket promosi ke perusahaan-perusahaan rekaman.

Sejarah di atas tentang band asal Medan, Sumatera Utara ini tidak banyak terdapat di situs resmi mereka yang beralamat di beautiful-monday.com. Malah ketika diakses per 15 Februari 2014 sudah tidak dibuka lagi, adapun sumber referensi di atas bergabungnya Virzha dengan Beautiful Monday sepenuhnya dikutip dari salah satu karya ilmiah (Tugas Akhir) mahasiswa Sekolah Industri Kreatif Telkom, Bandung.

Ayo tebak, yang mana Virzha dari empat personel Beautiful Monday di atas? Siapa tepat dapat mention dari akun seragam Idol 8.[]

Update terakhir Virzha cuma terlahir di Aceh (Banda Aceh) karena ibunya adalah orang Aceh dan Ayahnya orang Medan Masa kecilnya hingga kuliah pun dihabiskan di Medan. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Upcoming Facebook Redesign Surface

Macam-macam Penyakit Dunia yang Dikenal oleh Masyarakat Aceh

Penyakit donya (dunia) dalam pengetahuan orang Melayu seperti di Aceh adalah penyakit yang disebabkan oleh hal-hal supranatural atau adikodrati, atau tersebab manusia yang bersekutu dengan jin, setan, atau makhuk halus yang jahat. Aceh adalah salah satu suku terbesar di Propinsi Aceh. Kebesaran suku Aceh tidak hanya tampak dari kesenian dan kepahlawanan masyarakatnya, tetapi juga pengetahuan mereka terhadap penyakit dan penyembuhannya. Bagi mereka, sakit adalah hal serius yang harus disikapi. Karena itu, mereka mengabadikannya dalam sebuah pengetahuan tentang klasifikasi penyakit dan penyembuhannya (Meuraxa, Dado 1956; Rusdi Sufi dkk, 2006; Rusdi Sufi dkk, 2004).

10 Alasan Akun Facebook di Blokir

Ada 10 alasan yang mendasar kenapa akun facebook dapat diblokir, yaitu : 1. Tidak menggunakan nama asli. Jangan pernah menggunakan nama julukan karena Facebook bisa mengetahuinya. 2. Bergabung dengan Group terlalu banyak. Facebook hanya membatasi setiap user bergabung dengan 200 group saja. 3. Terlalu banyak mengirim pesan atau Wall di sebuah Group. Buat pengalaman aja aku pernah diblokir Facebook 3 kali karena sering melakukan ini.hehe.