Berita Mahasiswa Tewas Gantung Diri karena DP BBM Teridentifikasi HOAX

Ada yang aneh dengan beberapa foto atau gambar hasil screenshot yang beredar di linimassa, salah satunya dengan tulisan huruf kapital yang mungkin bisa disebut headline yang bisa Anda baca seperti tampak di atas.

Foto yang dishare oleh banyak pengguna 'kicauan' ini sebenarnya bisa merusak citra dan pemahaman orang awam. Dari hasil pantauan, cover surat kabar yang digunakan (template) bisa dipastikan Radar Sorong (grup JPNN) dengan sedikit tulisan atas yang kepotong.

Namun, keanehan mulai terlihat dari bentuk font dan kerapian (border). Dugaan akhir dari gambar ini adalah oldig alias olah digital dengan perangkat editor gambar, semisal photoshop yang berujung HOAX.

Gambar ini juga di Tweet oleh salah satu fotografer profesional Indonesia, yang membubuhkan tambahan tulisan "Mati karena fotografi?"
Walaupun agak riskan, informasi sejenis ini memang tidak layak diapresiasi di dunia netizen. Mengingat sesuatu yang bisa mengandung unsur HOAX adalah bukan untuk dipublikasi atau dibagikan.

Beberapa kecurigaan dari pembuat gambar oldig ini juga terlihat dari kata-kata dan font tebal kecil yang digunakan, seperti "Diduga stress karena tidak bisa eksis lagi" dan dilanjutkan juga dengan tulisan "Meminta bantuan di Makam Keramat agar DP bisa lancar di ganti".

Pada kalimat terakhir inilah terlihat olah digital yang paling kentara, yang berada di atas tulisan lainnya. Jangan-jangan rekayasa HOAX ini juga dibuat oleh orang stres DP BBM. Semoga kita tidak menjadi bagian untuk berbagi lebih luas informasi ini.

Budayakan sehat berbagi informasi di social media aka #socmed. Untuk menjadi netizen yang melek akan etika.[]
Poskan Komentar