Dari Mana 70% Keuntungan Avatar Didapat?


Setelah selama enam Minggu berturut-turut menduduki tangga box office, film Avatar akhirnya melewati catatan rekor pemasukan film Titanic, yang telah bertahan dan tak tergoyahkan selama 13 tahun!

Film bergenre scy-fi epic itu mendapatkan pemasukan hingga kini sebesar 1.288 miliar dollar AS. Dan mencatatkan namanya menjadi film terlaris sepanjang sejarah mutakhir.

Sebagaimana dirilis situs resminya, film besutan James Cameron, yang juga sutradara film Titanic itu, sudah diprediksi oleh banyak pengamat film dunia, akan mampu menyusul raihan kesuksesan film Titanic.

Film Titanic sendiri mendapatkan pemasukan di seluruh dunia sebesar 1.242 miliar dollar AS. Dengan demikian, film yang baru saja dinobatkan sebagai Yang Terbaik dalam ajang Golden Globe 2010 itu, telah menggungguli pemasukan film pendahulunya sebesar 45 miliar dollar AS.


Data pemasukan itu, paling tidak masuk dari berbagai negara yang hingga kini masih menayangkan film Avatar. Diantaranya dari Prancis, Jerman, Inggris, Korsel, Jepang, Australia, dan Spanyol. Di beberapa negara seperti China, Spanyol, Russia, Hong Kong dan Chile, Avatar bahkan masuk dalam catatan prestisius sebagai film terlaris sepanjang sejarah penayangan bioskop di negara itu. Demikian halnya di India, yang menobatkannya sebagai film terlaris produksi Hollywood yang pernah diputar di sana.

Meski telah mengungguli keuntungan Titanic, Avatar diprediksi masih akan menuai pemasukan dari penayangannya di seluruh dunia. Sebagaimana catatan resminya, keuntungan Avatar 70 % didapat dari penayangan di luar Amerika Serikat. Sedangkan Titanic, ''hanya'' mendapatkan keuntungan dari penayangannya di seluruh dunia sebesar 67 %.

Keuntungan terbesar dari pemutaran di luar AS didapat dari negara China dan Russia. Padahal di kedua negara yang berpenduduk besar itu, film Titanic tidak mendapat pemasukan yang signifikan. Meski demikian, badan statistik perdagangan Amerika Serikat menerangkan, pemasukan besar yang diterima Avatar, juga didukung faktor inflasi, sehingga jika dihitung mampu melampaui pemasukan film Titanic.

Keperkasaan Avatar, membuat sembilan film laris Minggu ini, harus sabar berada di bawahnya, yaitu film Legion, The Book of Eli, Tooth Fairy, The Lovely Bones, Sherlock Holmes, Extraordinary Measures, Alvin and the Chipmunks: The Squeakquel, It's Complicated, dan The Spy Next Door.

sumber : http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/entertainmen/2010/01/28/1646/-Dari-Mana-70-Keuntungan-Avatar-Didapat