Langsung ke konten utama

Macam-macam Penyakit Dunia yang Dikenal oleh Masyarakat Aceh

Penyakit donya (dunia) dalam pengetahuan orang Melayu seperti di Aceh adalah penyakit yang disebabkan oleh hal-hal supranatural atau adikodrati, atau tersebab manusia yang bersekutu dengan jin, setan, atau makhuk halus yang jahat.

Aceh adalah salah satu suku terbesar di Propinsi Aceh. Kebesaran suku Aceh tidak hanya tampak dari kesenian dan kepahlawanan masyarakatnya, tetapi juga pengetahuan mereka terhadap penyakit dan penyembuhannya. Bagi mereka, sakit adalah hal serius yang harus disikapi. Karena itu, mereka mengabadikannya dalam sebuah pengetahuan tentang klasifikasi penyakit dan penyembuhannya (Meuraxa, Dado 1956; Rusdi Sufi dkk, 2006; Rusdi Sufi dkk, 2004).

Ada dua jenis penyakit dalam pengetahuan orang Aceh, pertama penyakit biasa dan kedua penyakit donya (dunia). Penyakit biasa umumnya disebabkan oleh hal-hal alami, seperti keliru memberi obat atau suntik. Sedangkan penyakit donya disebabkan oleh hal-hal adikodrati atau supranatural atau sebab ulah manusia yang bersekutu dengan jin, setan, dan makhluk halus lainnya. Penyakit biasa cukup diobati oleh dokter, sementara penyakit donya harus diobati dukun atau tabib (Sufi dkk, 2006; Nurdin Mahmud, 1988).

Jin dan setan adalah dua makhluk halus jahat yang dipercaya orang Aceh dapat mengganggu manusia. Keduanya tinggal di tempat-tempat gelap atau pohon besar dan mengganggu secara diam-diam, salah satunya dengan masuk ke dalam tubuh manusia. Akibatnya, orang tersebut akan kesakitan jika tidak kuat. Karena itu, dalam upacara adat, ada ritual khusus untuk menolak gangguan jin dan setan (Nurdin Mahmud, 1988; Razali Umar, 1984).

Konsepsi Penyakit Donya dan Penyebabnya

Terdapat empat penyebab penyakit donya. Secara umum penyakit jenis ini disebabkan oleh kekuatan adikodrati dan hanya dapat disembuhkan oleh tabib, dukun atau orang pintar. Berikut adalah konsep penyakit donya (dunia) beserta penyebabnya.

a. Penyakit burong/jitamong burong/burong tujuh

Penyakit jenis ini disebabkan oleh ulah sendiri orang tersebut. Ia sengaja memasukkan setan ke dalam dirinya. Ciri-ciri penyakit ini adalah matanya terbelalak dan liar, ia berbicara terus menerus, terkadang menjerti histeris, meronta, bahkan ada yang tiba-tiba memanjat dinding, tembok, atau pohon.

Ia memiliki tenaga yang luara biasa. Bila ada yang memeganginya akan terpental tidak kuat. Penyakit ini datang dan pergi. Orang yang sakit terkadang akan bercerita tentang macam-macam hal. Kadang ia hanya diam. Kuku jari tangan dan kakinya kadang berwarna biru.

Pada saat sakit, seorang dukun atau tabib akan dipanggil. Sang dukun akan membaca doa-doa tertentu atau meurajah. Yakni memberikan jampi-jampi khusus yang ditiupkan pada wajah atau tubuh si sakit.

b. Meurampot (kemasukan setan)

Meurampot dalam bahasa Aceh berarti kemasukan setan. Mereka percaya setan sengaja masuk ke tubuh seseorang untuk mengganggu. Ini berbeda dengan arti penyakit burong tujoh. Ciri-ciri penyakit ini adalah badan orang yang kemasukan akan terasa panas. Bila tidur ia akan mengigau. Kadang juga tertawa sendiri. Bila perempuan, rambutnya akan terburai acak-acakan.

Penyembuh meurampot biasanya seorang ulama. Sang ulama biasanya akan mengunyah daun sirih dan air, ditambah rajah atau jampi-jampi khusus, lalu disemburkan ke muka si sakit, setan dapat diusir dengan mudah.

Penyembuhan meurampot biasanya ditempuh dengan dua jalan. Pertama, sang ulama akan membaca jampi-jampi khusus dalam keadaan sadar. Sang ulama akan bertanya kepada setan dalam tubuh si sakit dan biasanya setan akan menjawab dengan meminta syarat-syarat tertentu agar ia keluar dari tubuh si sakit.

Cara kedua, sang ulama akan memasukkan roh gaib dalam dirinya, lalu ia akan berdialog dengan setan yang masuk dalam tubuh si sakit, untuk mengetahui syarat yang diminta setan agar ia keluar dari tubuh si sakit.

c. Teukeunong (terkena serangan setan)

Teukeunong memiliki ciri yang sama dengan meurampot. Bedanya, teukeunong terjadi karena setan yang masuk dalam tubuh seseorang disuruh oleh orang tertentu untuk menyakiti. Penyembuh teukeunong biasanya seorang dukun atau tabib. Sang tabi akan merajah dan membuat ramuan-ramuan tertentu. Jenis ramuan disesuaikan dengan makhluk jahat yang masuk ke tubuh.

d. Keunong seureubok

Seurobak sebenarnya adalah nama ramuan yang dibuat untuk mendatangkan penyakit kepada orang tertentu. Biasanya orang yang tidak disenangi. Caranya adalah dengan mengambil salah satu bagian yang melekat pada orang yang akan dibuat sakit, seperti rambut, celana dalam, atau bra.

Barang tersebut dicampur dengan seureubo lalu dibakar. Saat membakar harus diniatkan sebagai membakar tubuh orang yang akan disakiti. Seureubok (serbuk) ada yang berasal dari besi, emas, atau perak. Orang yang dituju biasanya akan sakit berkepanjangan (meurayu-rayu).

Dalam kondisi ini, seorang tabib atau dukun yang khusus penyakit ini akan dipanggil. Ia akan membuat rajah khusus sebagai obat.

e. Jipeu-ulat

Penyakit ini diciptakan oleh seseorang (jipeukeunong) terhadap seorang gadis agar ia tidak menikah, meski usianya sudah lanjut (jipeuteka). Jika ada orang ingin melamar, orang itu akan melihat gadis tersebut jijik seperti ulat (jipeu ulat).

Jipeu ulat biasanya akan disembuhkan oleh seorang bidan kampung (mabh’en). Uniknya, penyembuhan dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Cara dan bahan untuk penyembuhan juga unik. Bidan kampung akan mengambil kuku, rambut, celana dalam, robekan baju dan kain si gadis, lalu memasukkannya dalam nasi lemak (bu leukat peulemak). Semua bahan itu dibungkus dalam sapu tangan, dirajah, dan diayun-ayunkan ke tubuh si gadis sebanyak tujuh kali agar hilang kesialan sang gadis.

Setelah itu, nasi lemak di lemparkan di dimpang jalan yang sepi (simpang empat) sambil tanpa melihat. Jika bungkusan tersebut diambil orang, maka kesialan sang gadis akan hilang.

f. Reuhat

Reuhat adalah penyakit kulit. Bentuknya seperti kurap, kering dan kadang berair, rasanya gatal. Jika airnya meleleh, bagain yang terkena lelehan akan ikut gatal. Reuhat disebabkan oleh makhluk halus yang jahat.

Reuhat dibuat oleh orang tertentu menggunakan ramuan khusus, berupa minyak, bulu ulat, sari buah ijuk, dan benda-benda gatal lainnya. Ramuan tersebut dicampur, disyaratkan seperti daging, diletakkan di pelepah daun keladi, lalu dibiarkan hingga membusuk dan mengeluarkan air.

Setelah itu, benda tersebut digosokkan pada pakaian orang yang akan disakiti; diterbangkan bersama angin dengan perantaraan jin jahat; memasukkan ke sumur orang yang akan disakiti. Karena itulah orang Aceh tabu menjemur pakaiannya malam hari, apalagi di dekat sumur.

Reuhat diobati oleh dukun dengan ramuan khusus, yaitu campuran dari daun kacang panjang, biji aren (ditumbuk), upik pisang tua, daun pisang klat, akar kelapa yang masih merah, jagung, asam jeruk, dan belerang. Bahan-bahan tersebut dijemur lalu ditumbuk hingga halus. Setelah dijampi-jampi, ramuan dioleskan ke tubuh si sakit.

g. Teumeugu

Teumeugu dalam bahasa Aceh berarti tertikan di perut. Teumegu dipercaya sebagai penyakit yang disebabkan oleh masuknya roh orang mati berdarah. Orang tersebut mati berdarah karena jatuh atau dipenggal lehernya. Ketika ada orang melewati tempatnya jatuh, ia akan kemasukan rohnya.

Orang yang kemasukan pertama-tama akan pusing, perut sakit, muntah-muntah, lalu jatuh. Masyarakat percaya kalau rasa sakit orang tersebut sama dengan orang yang mati berdarah. Bahkan, pernah ada yang meraung seperti ternak yang disembelih (meugrou-grou).

Orang yang terserang teumeugu akan dirajah oleh seorang dukun. Melalui ciri-ciri dan gerak-gerik si sakit, sang dukum biasanya akan tahu roh siapa yang masuk. Selain dirajah, si sakit akan diberi obat berupa manisan tebu atau air kelapa hijau.

h. Beusee

Beusee adalah penyakit yang disebabkan olej jin beusee. Jin ini dipelihara oleh seseorang. Tubuh orang yang dihinggapi jin beusee akan berwarna kebiru-biruan. Beusee hanya bisa disembuhkan oleh dukun yang ahli penyakit beusee dengan obat tradisional, yaitu teuleung keubeu matee (tulang kerbau mati), tawas, dan on seukee musang (daun pandan musang). Semua bahan tersebut dihaluskan, lalu dibalurkan ke tubuh yang sakit.

Selain obat tersebut, beberapa duku menggunakan kapur barus, ketepang Cina, bawang putih tunggal, kulit khong asee, dan umpang ihang (rumah serangga yang ebrgantungan di atap rumbia). Obat tradisional tersebut akan disandingkan dengan jampi-jampi khusus.

i. Glang tunggal

Glang artinya cacing satu. Glang tunggal adalah semacam sakit perut yang disebabkan oleh jin glang tunggal. Penyakit ini dibuat oleh dukun untuk lawannya mendapat bencana. Lawan sang duku mengira jikalau di dalam perutnya ada glang tunggalnya.

Orang yang sakit glang tunggal perutnya sakit luar biasa. Sang dukun akan memberikan obat-obatan tradisional, seperti daun sirih, nasi tiga warna, dan daun bunga tujuh macam. Bahan-bahan ini digiling hingga halus lalu ditempelkan ke perut si sakit.

Dapat juga menggunakan getah pohon jarak dicmapur gambir. Keduanya dililitkan di sekitar perut. Dapat juga menggunakan naleung tambo, tambah alang-alang, dan bak urot blang. Ketiganya ditumbuk, campur air biasa, dirajah, lalu diminum.

j. Sampong

Penyakit ini umumnya menyerang anak muda dan tua, laki-laki atau perempuan. Sampong adalah sakit saraf (hilang ingatan). Sampong disembuhkan dukun dengan memandikannya dengan air rajah yang dicampur dengan bunga-bunga khusus dan boh krut (jeruk purut).

k. Manyang

Manyang artinya atas. Orang yang sakit manyang terlihat tidak ada semangat dan kalau berjalan selalu berjalan ke atas. Penderita juga selalu takut kalau melihat orang. Oleh dukun, penderita manyang akan diobati dengan ramuan dari daun-daunan dan diberi rajah.

l. Sane

Sane adalah nama jin. Penderita penyakit sane karena ia dihinggapi jin sane. Pada peregelangan-pergelangan tangan, paha, atau kaki penderita biasanya akan bengkak. Oleh dukun, penderita akan diobati dengan ie sane (air seni) yang diambil di rawa-rawa tempat jin sane tinggal. Selain ie sane, penderita juga dapat diobati dengan boih mula (buah mala), balie (jahe), lempuyang, dan ingu.

m. Pungo

Pungo adalah penyakit yang menyerang saraf otak. Pungo ada empat macam, yaitu:
  1. Sijuende bungong. Ciri-cirinya penderita suka berpakaian indah dan suka bersolek kepada perempuan.
  2. Sijuende angon. Selain suka pakaian, pednerita juga suka naik pohon.
  3. Sijuende ie. Penderita sibuk dengan air untuk mencuci, suka berenang, dan mandi.
  4. Sijuende batee. Penderita tidak mau bicara meski ditegur.
Selain dirajah oleh dukun, terdapat empat macam obat tradisonal untuk penyakit pungo ini, yaitu:
  1. Daun sirih dan pinang yang ada pada batangnya. Orang Aceh menyebutnya pinang tunggal.
  2. Tujuh boih ara (buah ara) yang diambil dari satu cabang (harus ganjil). Buah ara harus diambil dengan tangan kiri sebagai simbol untuk membersihkan.
  3. On silalak (daun silalak) hijau dan merah.
  4. On ganda rusa (daun ganda rusa) putih dan hitam.
Boih luping (buah kelapa) hijau dan merah. Kelapa harus yang tidak ada isinya dan bekas dimakan tupai.
Semua bahan tersebut diramu. Ada yang ditumbuk halus dan ada pula yang diminum langsung.

n. Jitron taloe nyawong atau jitron kreh

Penyakit ini menurut ilmu kedokteran modern disebut dengan hernia. Orang Aceh menganggap penyakit ini disebabkan oleh ulah manusia jahat. Kelamin penderita akan membesar dan turun ke bawah. Oleh dukun, penderita akan dirajah dan diberi ramuan obat tradisional.

Pengaruh Sosial

Pengetahuan orang Aceh tentang penyakit donya ini berpengaruh dalam kehidupan sosial mereka, antara lain:

  • Klasifikasi makhluk halus. Keberadaan pengetahuan ini berpengaruh pada konsepsi orang Aceh dalam mengklasifikasikan makhluk halus yang berpengaruh dalam kehidupan mereka. Hal ini membuat orang Aceh berhati-hati dalam berperilaku.
  • Pembagian peran sosial. Keberadaan pengetahuan ini menjadikan peran-peran penyembuh dalam kehidupan orang Aceh dapat terbagi dengan baik. Mereka membagi rata tugas dokter dan dukun atau tabib. 
  • Upacara adat. Pengetahuan melahirkan upacara adat untuk penyembuhan orang sakit. Dalam upacara tersebut, dukun atau tabib akan melakukan ritual menolak gangguan jin atau setan.
  • Pelestarian tradisi. Pengetahun ini merupakan tradisi leluhur yang bermanfaat dalam menyikapi penyakit. Karena itu, hingga kini orang Aceh, khususnya di pedesaan, masih melestarikan pengetahuan ini.
Di zaman modern sekarang ini, pengetahun model ini bisa jadi tidak banyak dipercaya lagi. Meskipun demikian, bagi sebagain orang modern yang masih terikat dengan tradisi leluhur, justru meletakkan pengetahuan ini sebagai ilmu yang tidak dapat digapai oleh ilmu modern. Karena pada beberapa kasus, dokter memang tidak dapat menyembuhkan. Karena itu, pengetahuan ini menarik untuk dikaji lebih lanjut.

Referensi
  • Nurdin Mahmud, 1988. Adat Aceh Sekitar Kematian (makalah). Disampaikan pada Loka Karya adat dan Budaya Aceh yang Berlangsung Tanggal 8-10 Januari 1988, di Lhokseumawe.
  • Dado Meuraxa, 1956. Sekitar Suku Melayu, Batak, Atjeh dan Kerajaan Deli. Medan: Pengetahuan.
  • Rusdi Sufi dkk, 2004. Keanekaragaman Suku dan Budaya di Aceh. Banda Aceh: Balai Kajian Sejarah dan Nilai Tradisional Banda Aceh.
  • Rusdi Sufi dkk, 2006. Pengobatan tradisional di Aceh. Banda Aceh: Badan Perpustakaan Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.
  • Syamsudin T dkk, 1977. Adat Istiadat Daerah, Propinsi Daerah Istimewa Aceh.. Banda Aceh: Proyek Penelitian dan Pencatatan Kebudayaan Daerah, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
  • Razali Umar, 1984. Upacara Tradisional (upacara Kematian Daerah Istimewa Aceh). Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Proyek Inventarisasi dan dokumentasi Kebudayaan Daerah Jakarta.
Disadur ulang dari blog http://empuesa.blogspot.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Upcoming Facebook Redesign Surface

10 Alasan Akun Facebook di Blokir

Ada 10 alasan yang mendasar kenapa akun facebook dapat diblokir, yaitu : 1. Tidak menggunakan nama asli. Jangan pernah menggunakan nama julukan karena Facebook bisa mengetahuinya. 2. Bergabung dengan Group terlalu banyak. Facebook hanya membatasi setiap user bergabung dengan 200 group saja. 3. Terlalu banyak mengirim pesan atau Wall di sebuah Group. Buat pengalaman aja aku pernah diblokir Facebook 3 kali karena sering melakukan ini.hehe.