Langsung ke konten utama

Jablay Online


Jablay online adalah sebutan untuk mereka yang menjajakan diri lewat internet, bisa jadi lewat chatting di YM maupun MIRC atau malah mempampang foto bugil mereka di situs jeejaring pertemanan atau bahkan blog pribadi.

Jumlah jablay online tiap tahunnya makin meningkat, mirisnya banyak jablay online yang merupakan siswi ataupun mahasiswa dari suatu perguruan tinggi. Ini disebabkan menjadi jablay online terkesan rahasia, dan mereka masih bisa menjalani hidup normal seperti teman-teman yang lain [tanpa terlihat menjajakan diri di jalan].

Sejatinya, tak banyak yang benar-benar menjadi jablay karena kehendak pribadi, kebanyakan mereka melakukannya karena terpasksa, terpaksa oleh keadaan. Tapi sayang itu dulu, dulu memang banyak siswi dan mahasiswi yang terpaksa menjadi jablay karena uang kiriman bulanan dari orang tua sering telat, merantau di tanah orang untuk makan saja pas-pasan atau bahkan tak ada untuk makan. Tapi trendnya semakin lama semakin berubah, mereka yang jadi jablay sekarang tak karena tak punya uang, melainkan ingin mempunyai uang lebih, atau lebih tepatnya ingin hidup mewah.

Mempunyai hp keluaran terbaru, mempunyai laptop keluaran terbaru, bisa belanja kapanpun mereka suka, and bla bla bla.... Mereka kebanyakan ingin seperti teman-temannya yang bisa hidup mewah. Ini terbukti dari 25% pelacur sukabumi adalah pelajar. Miris bukan? entah bagaimana orang tua mereka jika tau kelakuan mereka seperti itu.

Online memang bisa mendatangkan banyak manfaat, tapi online juga bisa mendatangkan banyak mudharat. Tergantung tiap individu untuk menyaring, dan memilah apa yang mau didapatkannya dari internet. Kita harus bijak menyikapinya, sudah bijakkah anda?

Penulis : Tatiana Lisdasari - Peserta Content Contest 2009

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Upcoming Facebook Redesign Surface

Macam-macam Penyakit Dunia yang Dikenal oleh Masyarakat Aceh

Penyakit donya (dunia) dalam pengetahuan orang Melayu seperti di Aceh adalah penyakit yang disebabkan oleh hal-hal supranatural atau adikodrati, atau tersebab manusia yang bersekutu dengan jin, setan, atau makhuk halus yang jahat. Aceh adalah salah satu suku terbesar di Propinsi Aceh. Kebesaran suku Aceh tidak hanya tampak dari kesenian dan kepahlawanan masyarakatnya, tetapi juga pengetahuan mereka terhadap penyakit dan penyembuhannya. Bagi mereka, sakit adalah hal serius yang harus disikapi. Karena itu, mereka mengabadikannya dalam sebuah pengetahuan tentang klasifikasi penyakit dan penyembuhannya (Meuraxa, Dado 1956; Rusdi Sufi dkk, 2006; Rusdi Sufi dkk, 2004).

10 Alasan Akun Facebook di Blokir

Ada 10 alasan yang mendasar kenapa akun facebook dapat diblokir, yaitu : 1. Tidak menggunakan nama asli. Jangan pernah menggunakan nama julukan karena Facebook bisa mengetahuinya. 2. Bergabung dengan Group terlalu banyak. Facebook hanya membatasi setiap user bergabung dengan 200 group saja. 3. Terlalu banyak mengirim pesan atau Wall di sebuah Group. Buat pengalaman aja aku pernah diblokir Facebook 3 kali karena sering melakukan ini.hehe.