Langsung ke konten utama

Amankah Berkicau di Twitter?

Kicauan Twitter makin riuh saja dan menjadi populer saat ini. Saking riuhnya, Indonesia menduduki peringkat kedua negara dengan pemakai Twitter terbanyak di Asia.

Jika tahun lalu hanya sekitar 500 ribuan, kini telah mencapai 5 jutaan. Menurut data Google yang dikeluarkan pada 20 Februari 2010 menunjukkan peringkat sepuluh besar negara di Asia dengan jumlah pemakai Twitter terbanyak adalah:

1. Jepang: 9.9 juta
2. Indonesia: 5,1 juta
3. India: 4,2 juta
4. Korea Selatan: 1,5 juta
5. Filipina: 1,3 juta
6. Thailand: 910 ribu
7. Malaysia: 910 ribu
8. Cina: 680 ribu
9. Singapura: 240 ribu

Meningkatnya pengguna Twitter berarti peluang dan berbagai potensi lain juga meningkat, tak terkecuali cyber crime. Apalagi system microblogging burung hijau itu amat terbuka dan sangat rentan disusupi peretas.

Bagi pengguna Twitter perlu untuk membentengi diri. Hal tersebut akan melindungi diri kita saat asyik berkicau dengan burung biru yang lagi populer.



Berikut beberapa hal yang telah kami rangkum untuk anda?
(Onlinejolie.com)

Kurangi tweet lokasi
Pengguna Twitter dengan gampangnya men-tweet soal lokasi dan kegiatan yang lagi dikerjakan. Hal tersebut sering lupa, bahwa akun twitter merupakan akun publik (tidak diproteksi) maka, semua orang bisa melihat tweet kita.

Jika komentar dan tanggapan sering diberikan sebagai replay maupun RT tweet, lama-kelamaan akan ketahuan tentang jadwal, kegiatan dan rencana harian kita. Hal ini akan sangat mudah bagi penjahat maya untuk menjadikan Anda korban berikutnya.

Jangan Suka ‘Buka-bukaan’ dong
Hati-hati saat mebuka link atau tautan yang Anda dapatkan. Di tweter sudah jadi kebiasaan bagi pengguna memendekkan URL-nya dengan layanan tiny URL. Hal ini sulit untuk mengetahui situs apa yang ditaut, jangan-jangan link spammer.

Kalau tidak yakin dengan link yang di tweet bisa memeriksanya dengan bantuan keamanan web.

Kepercayaan itu mahal
Anda tidak pernah tahu siapa saja follower Anda di Twitter. Jangan mudah percaya dan berteman dengan orang-orang di internet ada yang berniat buruk.

Pilih aplikasi yang terpercaya
Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan di Twitter. Sebelum memilih aplikasi yang ingin dipakai, pastikan dulu security-nya, carilah info mengenai aplikasi tersebut yang banyak dibahas di situs kepercayaan Anda. Ingat, aplikasi sering membutuhkan password dan username.

Ketika log in
Ketika log in ke twitter jangan melulu merekam username dan password di browser. Apalagi jika menggunakan komputer pakai bersama.

Password Berbeda
Gunakan password berbeda untuk tiap akun jejaring sosial yang Anda daftar. Bila Anda ingin lebih aman, buat e-mail berbeda untuk akun-akun jejaring sosial Anda. Bila Anda menutup akun jejaring sosial Anda, cukup hapus akun e-mail tersebut.

Waspadai Serangan Phising
Hati-hatila atas usaha-usaha untuk mendapatkan informasi pribadi Anda melalui tweet atau Direct Message (DM) yang menipu.

Twitter via Telepon Seluler
Berhati-hatilah dengan hanphone Anda dan siapa-siapa saja yang dapat menggunakannya. Bila Anda aplikasi Twitter, pastikan Anda selalu log out setelah Anda menggunakannya.

sumber : http://smartmagazine.info/index.php/read/2010/03/27/amankah-berkicau-di-twitter/

Postingan populer dari blog ini

Upcoming Facebook Redesign Surface

Macam-macam Penyakit Dunia yang Dikenal oleh Masyarakat Aceh

Penyakit donya (dunia) dalam pengetahuan orang Melayu seperti di Aceh adalah penyakit yang disebabkan oleh hal-hal supranatural atau adikodrati, atau tersebab manusia yang bersekutu dengan jin, setan, atau makhuk halus yang jahat. Aceh adalah salah satu suku terbesar di Propinsi Aceh. Kebesaran suku Aceh tidak hanya tampak dari kesenian dan kepahlawanan masyarakatnya, tetapi juga pengetahuan mereka terhadap penyakit dan penyembuhannya. Bagi mereka, sakit adalah hal serius yang harus disikapi. Karena itu, mereka mengabadikannya dalam sebuah pengetahuan tentang klasifikasi penyakit dan penyembuhannya (Meuraxa, Dado 1956; Rusdi Sufi dkk, 2006; Rusdi Sufi dkk, 2004).

10 Alasan Akun Facebook di Blokir

Ada 10 alasan yang mendasar kenapa akun facebook dapat diblokir, yaitu : 1. Tidak menggunakan nama asli. Jangan pernah menggunakan nama julukan karena Facebook bisa mengetahuinya. 2. Bergabung dengan Group terlalu banyak. Facebook hanya membatasi setiap user bergabung dengan 200 group saja. 3. Terlalu banyak mengirim pesan atau Wall di sebuah Group. Buat pengalaman aja aku pernah diblokir Facebook 3 kali karena sering melakukan ini.hehe.