Langsung ke konten utama

Jablay Online


Jablay online adalah sebutan untuk mereka yang menjajakan diri lewat internet, bisa jadi lewat chatting di YM maupun MIRC atau malah mempampang foto bugil mereka di situs jeejaring pertemanan atau bahkan blog pribadi.

Jumlah jablay online tiap tahunnya makin meningkat, mirisnya banyak jablay online yang merupakan siswi ataupun mahasiswa dari suatu perguruan tinggi. Ini disebabkan menjadi jablay online terkesan rahasia, dan mereka masih bisa menjalani hidup normal seperti teman-teman yang lain [tanpa terlihat menjajakan diri di jalan].

Sejatinya, tak banyak yang benar-benar menjadi jablay karena kehendak pribadi, kebanyakan mereka melakukannya karena terpasksa, terpaksa oleh keadaan. Tapi sayang itu dulu, dulu memang banyak siswi dan mahasiswi yang terpaksa menjadi jablay karena uang kiriman bulanan dari orang tua sering telat, merantau di tanah orang untuk makan saja pas-pasan atau bahkan tak ada untuk makan. Tapi trendnya semakin lama semakin berubah, mereka yang jadi jablay sekarang tak karena tak punya uang, melainkan ingin mempunyai uang lebih, atau lebih tepatnya ingin hidup mewah.

Mempunyai hp keluaran terbaru, mempunyai laptop keluaran terbaru, bisa belanja kapanpun mereka suka, and bla bla bla.... Mereka kebanyakan ingin seperti teman-temannya yang bisa hidup mewah. Ini terbukti dari 25% pelacur sukabumi adalah pelajar. Miris bukan? entah bagaimana orang tua mereka jika tau kelakuan mereka seperti itu.

Online memang bisa mendatangkan banyak manfaat, tapi online juga bisa mendatangkan banyak mudharat. Tergantung tiap individu untuk menyaring, dan memilah apa yang mau didapatkannya dari internet. Kita harus bijak menyikapinya, sudah bijakkah anda?

Penulis : Tatiana Lisdasari - Peserta Content Contest 2009

Komentar

POPULAR

Shinta Alvionita AS, dari Puteri Indonesia ke Ajang Miss Indonesia 2014

Berita sentimen tentang perbelakuan Qanun Syariat Islam bagi non-muslim baru saja kita hadapi (baca disini ), yang jelas-jelas sang wartawan telah bermain imajinas untuk membuat Aceh terasa kontra di mata luar. Kini "keseksian" Aceh akan (kembali) diperdebat lagi. Apa pasal? Ajang Miss Indonesia 2014 sudah di depan mata, kontestan asal Aceh kali ini juga ikut lagi dalam ajang tersebut yang tak lain mantan finalis Puteri Indonesia (PI) 2008, yakni Shinta Alvionita AS.

Manohara Buka Lowongan Suami

7 Facebook Fan Pages That Shouldn't Exist