Langsung ke konten utama

Facebook Ideal Alami Serangan Dunia Maya

McAfee melaporkan jejaring sosial akan menghadapi eskalasi serangan peretas pada 2010. Penegakan hukum diharapkan membuat gebrakan memerangi kejahatan dunia maya itu.

“Ledakan aplikasi Facebook dan layanan lainnya akan menjadi ranah ideal bagi kejahatan dunia maya yang akan mengambil keuntungan sesama teman yang saling percaya untuk mengklik link yang potensial mengandung ancaman berbahaya,” ujar McAfee.

Di dalam Laporan Prediksi Ancaman 2010, McAffe juga mengatakan akan adanya peningkatan ancaman terhadap keamanan perbankan dan perkembangan ‘botnet’ yakni istilah kemampuan komputer yang terinfeksi menyebarkan perangkat lunak yang berbahaya maupun malware.

“Meskipun demikian di tahun 2010 kami mengharapkan ada peningkatan kinerja penegakan hukum dalam upaya melawan balik kejahatan online semacam itu,” ujar salah satu firma keamanan komputer dan bermarkas di Santa Clara di California itu.

McAfee mengatakan produk Adobe akan mengalami peningkatan ancaman juga tahun depan dan peluncuran sistem operasi Google Chrome akan menciptakan peluang lain untuk pencipta malware yang akan menyerang pengguna.

“Kejahatan dunia maya telah lama mengambil keuntungan dari produk Microsoft seiring dengan popularitas mereka,” ujar laporan tersebut. “Pada 2010, kami mengantisipasi perangkat lunak Adobe terutama Acrobat Reader dan Flash, akan menjadi prioritas utama pembenahan.”

“Berdasarkan tren terbaru, kami mengharapkan di tahun 2010 eksploitasi produk Adobe akan melampaui dalam jumlah serangan daripada jumlah aplikasi Microsoft Office,” tulis laporan tersebut.

McAfee mengatakan bahwa para peretas komputer akan mengambil keuntungan dari penyebaran layanan pendek URL seperti bit.ly dan tinyurl.com.

“Layanan ini sekarang banyak muncul di berbagai alat komunikasi – membuat mudah untuk memanipulasi URL dengan meminta pengguna mengklik,” tulis laporan itu lagi.

McAfee juga mengatakan bahwa email rentan terserang. “Email meningkat popularitasnya sebagai metode serangan yang dipilih oleh peretas pada pengguna individu, korporasi dan institusi pemerintah,” ujar McAfee.

“Meskipun serangan terhadap email masih sangat jarang beberapa tahun lalu, namun saat ini kita mendapatkan banyak laporan serangan baik dalam bentuk kriminal maupun spionase, di mana email dengan lampiran atau link ke sebuah website tertentu adalah ranah serangan berbahaya tersebut,” ujar McAfee.

“Dalam jangka waktu enam tahun, ‘botnet’ telah menjadi halangan terbesar dalam profesionalisme keamanan dunia maya,” tambah McAfee.

“Botnet telah menjadi infrastruktur penting yang digunakan dalam kejahatan dunia maya dan negara dalam upaya meluncurkan serangan mereka,” ujar McAfee lagi.

Penegakan hukum telah membuat beberapa kemajuan dalam memerangi botnet. “Sebagai hasil dari usaha agresif untuk mengatasi provider layanan yang membawa elemen kejahatan ini, seiring dengan target langsung spesifik ke saluran kontrol botnet, ratusan operasi botnet telah berhasil digagalkan dalam beberapa tahun terakhir,” ujar McAfee.[ito]

Postingan populer dari blog ini

Upcoming Facebook Redesign Surface

Macam-macam Penyakit Dunia yang Dikenal oleh Masyarakat Aceh

Penyakit donya (dunia) dalam pengetahuan orang Melayu seperti di Aceh adalah penyakit yang disebabkan oleh hal-hal supranatural atau adikodrati, atau tersebab manusia yang bersekutu dengan jin, setan, atau makhuk halus yang jahat. Aceh adalah salah satu suku terbesar di Propinsi Aceh. Kebesaran suku Aceh tidak hanya tampak dari kesenian dan kepahlawanan masyarakatnya, tetapi juga pengetahuan mereka terhadap penyakit dan penyembuhannya. Bagi mereka, sakit adalah hal serius yang harus disikapi. Karena itu, mereka mengabadikannya dalam sebuah pengetahuan tentang klasifikasi penyakit dan penyembuhannya (Meuraxa, Dado 1956; Rusdi Sufi dkk, 2006; Rusdi Sufi dkk, 2004).

10 Alasan Akun Facebook di Blokir

Ada 10 alasan yang mendasar kenapa akun facebook dapat diblokir, yaitu : 1. Tidak menggunakan nama asli. Jangan pernah menggunakan nama julukan karena Facebook bisa mengetahuinya. 2. Bergabung dengan Group terlalu banyak. Facebook hanya membatasi setiap user bergabung dengan 200 group saja. 3. Terlalu banyak mengirim pesan atau Wall di sebuah Group. Buat pengalaman aja aku pernah diblokir Facebook 3 kali karena sering melakukan ini.hehe.